Home » » Makanan Khas Kota Pariaman

Makanan Khas Kota Pariaman

Written By Unknown on 05 October 2013 | 1:45 AM




Kacimuih
Satu lagi cemilan khas Kota Pariaman yaitu Kacimuih. Bahan utama yang digunakan pada cemilan ini adalah singkong. Proses pembuatannya tidak sulit. Mula-mulai singkong yang telah dikupas kulitnya diparut. Aduk singkong parutan dengan gula dan garam hingga merata. Kukus adonan tersebut diatas wadah lebih kurang 20 menit dengan beralaskan daun. Setelah matang, angkat adonan tersebut dan taburkan parutan kelapa diatasnya.




 Katupek Gulai Paku
Katupek Gulai Paku merupakan lontong khas Kota Pariaman. Ketupat ini dicampur dengan sayur paku/pakis. Rasanya sepet asam agak pedas. Bahan makanan ini adalah dasar daun pakis (paku), dengan bumbu santan, laos (lengkuas), cabe rawit hijau, asam kandis, dan kunyit. Banyak masyarakat menyantapnya untuk sarapan.


 



Nasi Sek
Nasi SEK (Sehat Enak Kenyang) atau kini dikenal juga dengan istilah “ Nasi Sepuluh Ribu Kenyang”. Berkunjung dan berwisata ke kota Pariaman, belum lengkap rasanya kalau tak menyempatkan diri menikmati hidangan khas masakan warung Nasi Sek. Warung-warung Nasi Sek sendiri sangat mudah sekali ditemui di Kota Pariaman. Lokasinya ada di sepanjang kawasan pantai Kota Pariaman. Mulai dari Pantai Kata, Pantai Cermin dan Pantai Gandoriah. Puluhan warung berjejer rapi di sepanjang kawasan pantai ini. Pantai-pantai ini sendiri menjadi andalan daya tarik wisata Kota Pariaman. Dan ‘Nasi Sek’ kini menjelma menjadi salah satu ikon wisata Kota Pariaman.



Sala Lauak
Sala Lauak merupakan makanan khas Kota Pariaman. Makanan ini berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung yang berisi suiran ikan. Cara membuatnya tidaklah sulit, mula-mula tepung beras dituangkan ke wadah dengan campuran bumbu dan irisan daun kunyit. Masukkan air mendidih ke dalam adonan, tunggu hingga dingin. Setelah adonan dingin, bentuk menjadi bulat dan memasukkan suiran ikan. Jika sudah berbentuk bulat, goreng hingga kecoklatan. Bumbu yang digunakan untuk pembuatan makanan ini adalah: bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabai, dan garam. Makanan ini cocok sebagai teman lauk anda dan nikmat bila dimakan selagi panas.




NB : KALO GAK NYOBAIN DI JAMIN BAKALAN NYESEL DEH ..!

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cyber City Pariaman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger